Selasa, 08 Desember 2009

Cara Belajar Microsoft Word Sederhana

Cara Belajar Microsoft Word Sederhana

Untuk memulai Microsoft Word, cari di program, Pilih microsof Office, lalu klik Microsoft Word. Atau klik dua kali tulisan Microsoft Word di layar Komputer jika ada.
Mulai mengetik,
Berapa banyak hasil didikan sekolah umum dan pesantren –yang putus sekolah dari SMA/MA/Pesantren - memiliki semangat belajar yang tinggi, namun tidak mampu mengembangkan diri lewat jalur pendidikan akademis (Perguruan Tinggi), karena mahalnya biaya pendidikan dan semakin sulitnya beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seharusnya mereka bisa mengembangkan diri lewat jalur lain yakni Belajar Otodidak (belajar sendiri), namun dikarenakan belum memahami caranya, sehingga mereka tidak dapat melakukannya.
Simpan hasil ketikan: Control S (save/simpan) tulis nama file: belajar otodidak, lalu teruskan tulisan. Jika menggunakan File + Save As: Menyimpan di flash disck atau Direktori yang diinginkan (C/D) dan memilih disimpan dalam bentuk word atau yang lain.
Cara memblok: Jika menggunakan Control A (yang diblok semua) padahal yang mau digandakan (copy) hanya sebagian, cara Ctrl+Shift dengan menggunakan fungsi panah kanan atau bawah (panah empat yang menunjukkan krusor atas, bawah, kiri dan kanan. Lalu control C (copy) dan tempatkan hasil copyan dan klik control V.
Saat membaca blog, misalnya www.sampenulis.blogspot.com maka tulisan yang ingin dicopy diblog dan ctrl C (control), lalu tempatkan dalam Word dan ctrl V. setelah itu simpan. Demikian seterusnya.

Fungsi Word layar atas
File
New : membuka file baru otomatis, selanjutnya klik blank document
Open: membuka file di folder C/D atau flash disc
Save: simpan sementara
Save As: simpan permanent atau penempatan simpanan
Page Setup: Mengatur halaman, Margin/ukuran batas Top (atas) Button (bawah) Left (kiri) dan Right (kanan). Paper: Jenis ukuran kertas, Letter (umum), A4 (kwarto) dan legal (folio). Ingat blog control A, baru Page Setup.
Print (Ctrl P), jika yang diprint semua, langsung ok, jika yang diprint naskah yang diblog (Ctrl+Shift panah) pilih selection, jika yang diprint halaman tertentu pilih Page tulis nomer halaman yang diprint.

Edit
Cut : menghapus tulisan/file dan memindahkan ke tempat lain
Undo Typing (Ctrl Z) : Menggagalkan jika salah hapus atau copy.
Copy: menggandakan setelah diblog
Paste: memunculkan copyan
Sellect All: memblog semua
Find: mencari jenis kata dalam tulisan yang banyak, misal mencari kata belajar otodidak, maka kata tersebut akan ditemukan.
Replace: Mengganti tulisan yang salah secara otomatis, misal kata belajar diganti ajar, maka seluruh kata belajar berubah menjadi ajar.
Go to: memilih nomer halaman, misal ketik 5, maka langsung ke nomer 5.

Insert
Break : mau masuk ke halaman selanjutnya
Page Numbers: membuat nomor halaman dan menempatkan di kanan, kiri, bawah atau atas.
Picture: memasukkan gambar dalam word, klik from file, lalu pilih gambar yang mau dimasukkan.
Format
Font: memilih jenis tulisan misal Times New Roman dan ukuran tulisan (12)
Bullet and numbering : mengatur nomor halaman (biasanya di word nomor halaman teratur secara otomatis).
Paragraph: mengatur paragraph, before:0 After:0 Line spascing: pilih single (1 spasi) 1,5 (1,5 spasi) Double (2 spasi).
Change Chase: memilih huruf tebal semua, apa huruf depan saja yang tebal atau huruf kecil semua.
Colums: menulis seperti Koran

Tools:
Word Count: ingin tahu jumlah halaman, jumlah huruf, jumlah paragraph atau jumlah kata yang ditulis.

Ingat: Blog dulu kuncinya.

Biasanya dalam email ada file yang dikirim menggunakan attaché file yang muncul di atas tulisan atau di bawah subject. Untuk membukanya, klik 2X, misal Detik-Detik, lalu Downloud dan pilih open: setelah terbuka Save As atau Ctrl S ke flash disc (Jangan terburu-buru). Jika mau langsung menyimpan: klik 2X, downloud dan pilih Save, lalu simpan di tempat yang diinginkan.
Fungsi dalam Email:
Inbox: kotak surat/penyimpan file yang dikirim orang lain
Sent: untuk mengetahui sudah terkirim atau belum (lihat 10 menit setelah mengirim)
Draft: jika tulisan mau disimpan dalam email
New/Tulis/Compose: untuk mengirim email
To: sam_penulis@yahoo.com (alamat email yang dituju).
CC: jika ada alamat email lain yang mau dikirim
Subject: Judul tulisan
(dibawahnya baru Naskah/file yang mau dikirim)
Attache file: jika ada file di flash disc atau Direktori C/D yang juga mau dikirim.
Send : mengirim tulisan
Back To Inbox: kembali ke kotak surat
Email dan password yang anda miliki dapat digunakan untuk membuka diskusi di facebook, caranya: www.facebook.com tulis Email : ………… Password: ……….
Di pojok atas, ada tulisan Search: Kuliah Alternatif Online atau Zamhari Hasan, pilih comment atau komentar, maka dialog kita saat jadual KAO dapat berlangsung.

Tidak ada komentar: